Hosting Kapasitas Besar


Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Wisata Danau Talang
03-09-2012, 03:28 PM,
#1
Wisata Danau Talang
Selain Danau Singkarak yang sudah populer, Kabupaten Solok masih memiliki wisata alam danau yang lainnya, yaitu Danau Talang.

   
SOLOK, HALUAN — Sebagian masyarakat hanya mengenal keindahan Danau Diatas Danau Dibawah atau disebut juga dengan danau kembar di Kabupaten Solok.



Padahal di daerah itu ada sebuah pemandangan eksotis yang menyejukan mata. Anda bisa melihatnya dengan menempuh perjalanan kaki sekitar dua kilometer dari tempat pehentian mobil jika masuk melalui Sim­pang Polsek Danau Kembar.

Apalagi kalau bukan Danau Talang yang terletak di kaki Gunung Talang. Jika anda ber­diri di dekat danau itu, secara otomatis mata akan tertuju pada puncak Gunung Talang.

Warna air danau itu pun sangat menggoda untuk mandi atau bermain air, karena air yang jernih nampak hingga ke dasar danau. Ikan pun tidak terlalu banyak dijumpai, terkesan danau sunyi tanpa penghuni (ekosistem danau).

Selain terletak di bawah kaki gunung, pinggir danau tersebut dikelilingi oleh bebatuan besar yang tak jelas dari mana asalnya. Konon, kata masyarakat setempat batu-batu besar itu datangnya dari semburan Gunung Talang yang memuntahkan isinya ketika gunung itu meletus.

Namun, jika berdiri tepat di pinggir danau yang menghadap ke badan gunung, bukanlah batu besar yang anda sentuh, melainkan debu-debu semburan gunung yang telah memadat dan menjadi tanah.

Lunaknya pun selunak tanah liat, hanya saja warna debu yang satu ini bersih seperti warnah putih ke abu-abuan. Anda pun bisa membuat bermacam-macam permainan pasir, seperti bola-bola.

Lokasi yang jauh dari kera­maian atau sepi dari rumah penduduk, hanya sedikit sampan yang parkir, itu pun sampan yang telah lama ditinggal, bahkan kelihatan sekali sampan yang terbenam karena padatan debu vulkanik.

Jika danau ini tak terawat atau dikembangkan oleh peme­rintah, wajar saja. Karena lokasi yang jauh dan medan yang terjang untuk menempuhnya. Mungkin akan lebih indah jika dijadikan tempat berkemah dan kemping bagi sejumlah masyarakat yang berjiwa berpetualang.

Jika anda masuk dari dari simpang Polsek Danau Kembar, menempuh jarak sekitar 3 km untuk dilewati oleh mobil. Namun, perjalanan yang nyaman itu hanya sekitar 1 km saja mesti ruas jalan yang hanya cukup untuk dilalui satu unit mobil, karena jangkauan tangan pihak dinas PU setempat untuk mengas­palnya. Lewat dari itu, siap-siap badan anda terguncang oleh jalan yang tak rata dan berlubang-lubang.

Sekitar dua kilometer men­jelang jalan buntu atau tempat berhentinya mobil, sisi kiri kanan perjalanan hanya dihiasi oleh tanaman masyarakat seperti sayur-sayuran.

Dari sinilah, sayur-sayuran yang ada di Sumbar atau ke provinsi tetangga dihasilkan, karena daerah Solok yang dingin dan sejuk cocok untuk bertanam. Wajar, jika Solok disebut-sebut sebagai salah satu daerah kontri­busi terbesar dalam menghasilkan sayur-sayuran di Sumbar ini.

Jika anda suka berbelanja bahan masakan, anda pun bisa singgah dan membelinya secara langsung kepada petani , yang pasti harganya jauh lebih murah ketimbang harga dipasaran.

Dalam rentang jarak dua kilometer ini, rumah warga secara berangsur-angsur semakin sedikit atau jarak yang semakin berjauhan dari rumah ke rumah yang lainnya.

Begitu sampai ke jalan buntu, mobil diparkir karena medan yang buruk dan jalan pendakian yang dipenuhi kerikil-kerikil halus.Jika hendak ingin me­nempuhnya dengan mobil, akan lebih baik menggunakan mobil jenis artop yang kuat dengan medan perbukitan.

Dari tempat parkir tersebut, disarankan anda membawa air minum dan tongkat penyangga yang kuat dari pepatahan kayu. Karena untuk bisa merasakan dingin dan sejuknya air Danau Talang itu, menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk berjalan atau sekitar dua km.

Sekitar 10 menit dari perjala­nan, masih bisa menemukan rumah warga.

Selanjutnya, jalan setapak yang dikelilingi rumput dan tanaman liar, namun sekali-sekali Anda akan menjumpai tanaman sayur kembali milik masyarakkat dan rumah-rumah kayu yang hanya dimanfaatkan tempat pesinggahan atau istirahat sejenak setelah seharian diladang.

Mesti lahan tersebut telah berbentuk bidang miring, namun warga setetap bisa meman­faatkannya untuk bercocok tanam.

Lokasi :terletak di Kenagarian Kampuang Batu Dalam, Kecamatan Lembah Jaya, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.
Referensi :http://www.harianhaluan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1545:danau-talang-keindahan-yang-menunggu-sentuhan&catid=39:lancong&Itemid=153

Solok,Sumatera Barat
Reply
09-27-2016, 07:22 PM,
#2
RE: Wisata Danau Talang
danau talang ini jadi tempat terjun payung
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)

Contact Us | Home | Return to Top | | Mobile Version | RSS Syndication
DiskusiWisata part of
SIMUSTA Info Pedas IncipIncip Otomotif Bali Supir Muslim Bali Waterproofing Bali